Monday, June 24, 2013

Liburan, Saatnya Anak Berkenalan Dengan Lingkungan Baru

Sumber gambar: jakarta.okezone.com
“Libur telah tiba. Horeee….” Begitulah mungkin ungkapan kegembiran anak-anak menyambut liburan. Liburan menjadi hal yang ditunggu-tunggu anak karena liburan berarti waktunya bisa bermain sepuasnya atau waktunya untuk jalan-jalan. Bila selama ini Anda mengisi liburan bersama anak hanya sebatas aktivitas di rumah, tidak ada salahnya kali ini berlibur di luar rumah.

Liburan di luar rumah dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk mengenalkan tempat-tempat baru kepada anak. Gunanya, agar anak dapat mempelajari lingkungan sekitarnya. Selain pengalaman seru yang didapat anak, tentu anak-anak dapat berbagi cerita seru kepada teman-teman mereka nanti saat tahun ajaran baru.

Berikut tips-tips terkait dengan liburan bersama anak di luar rumah:

Rencanakan Anggaran dan Tujuan
Pengeluaran bisa saja membengkak hanya karena berlibur. Sedari awal, maka siapkan jauh-jauh hari anggaran untuk berlibur. Kalau bisa, destinasi atau tujuan liburan juga sudah ditentukan jauh-jauh hari.

Sesuaikan Waktu Kita dengan Anak
Meskipun anak berlibur, bukan berarti orangtua ikut berlibur. Ini adalah saatnya menggunakan waktu cuti Anda untuk dimanfaatkan berlibur bersama anak. Pastikan saat cuti, pekerjaan Anda sudah didelegasikan kepada rekan-rekan Anda. Agar saat berlibur, Anda benar-benar dapat fokus memikirkan waktu yang menyenangkan bersama anak.

Tak Mesti ke Tempat yang Sangat Jauh
Liburan tak mesti ke luar negeri. Di Indonesia banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang dapat dikunjungi, seperti pantai, pulau, atau gunung. Bahkan, di dalam kota sendiri pun kita dapat mencari tempat-tempat yang asyik berlibur, semisal museum bersejarah atau kebun binatang. Mengunjungi rumah sanak saudara di kota lain juga dapat dijadikan alternatif. Hitung-hitung selain berlibur, kita menjalin silahturahmi.

Abadikan Momen Liburan Anda
Yup, bawalah kamera saat berlibur. Jangan sampai momen-momen kebersamaan Anda dengan anak terlupakan begitu saja.

No comments:

Post a Comment