Thursday, September 26, 2013

Cara Belajar yang Baik dalam Menghadapi Ulangan

Sumber Gambar: radiolaurier.com
Sudah masuk ke pertengahan bulan September dan tidak terasa sudah lewat tiga bulan anak-anak sekolah

Anak-anak sekolah mungkin sebagian sudah stres saat mendengar kata "ulangan". Tetapi, siap tidak siap, seorang siswa harus menjalani yang namanya ulangan.

Bagaimana sih cara belajar yang baik saat menghadapi ulangan? Kidtozz akan bagikan sebagian cara belajar yang baik dalam menghadapi ulangan:

1. Tahu bahan ulangan
Yang pertama tentu saja harus tahu bahan ulangan. Tanyalah kepada guru, materi-materi mana yang akan keluar saat ulangan. Bab berapa saja yang harus dipelajari? Dari mana saja guru akan membuat soal, apakah dari buku cetak atau dari buku catatan? Mengetahui bahan ulangan adalah salah satu persiapan belajar yang baik.

2. Belajar dengan menyicil
Bila bahan luar biasa banyak, jangan coba-coba belajar dengan sistem kebut semalam. Belajar dengan cara menyicil. Tiga hari sebelum ulangan, hendaknya sudah membuka buku dan mulai membaca bahan-bahan ulangan. Ingatlah, otak manusia bukanlah komputer. Kita tidak bisa menerima semua informasi sekaligus dalam sehari.

3. Gunakan cara kreatif dalam menghafal
Inilah modal penting dalam belajar. Jangan menghafal semua isi buku. Agar efisien, siswa hendaknya kreatif dalam mencari cepat menghafal. Misalkan, untuk kalimat yang panjang-panjang, gunakan kata-kata kunci atau kata-kata penting, untuk mengingat keseluruhan dari kalimat yang mau dihafalkan.


Siswa bisa juga memakai metode lain, misalkan menggunakan visualisasi, yaitu menghafalkan kalimat dengan cara membayangkannya menjadi gambar di dalam kepala. Metode lain yang bisa digunakan adalah repetisi (mengulang-ulang kalimat) atau menuliskan kembali apa yang perlu dihafalkan. Metode paling canggih adalah mind map, yaitu menghafalkan materi dengan membuat tulisan dan gambar yang dibuat berkaitan satu sama lain.

Contoh mind map tentang karakter bajak laut
Sumber gambar: blog.thinkbuzan.com
 

4. Fokus
Dalam belajar harus fokus kepada bahan ulangan. Hindari belajar sambil bermain-main atau nonton TV. Konsentrasi atau fokus kepada bahan yang dipelajari membuat kita lebih cepat mengingat.

5. Optimis
Belajar perlu sikap optimis, yaitu yakin kita bisa menghafal atau mengerti bahan ulangan. Sikap-sikap seperti cemas, grogi, tidak bersemangat hanya menimbulkan efek lebih sulit menguasai bahan yang diulangankan.

No comments:

Post a Comment