Friday, November 1, 2013

Dua Orang Pengembara dan Seekor Beruang


Ada dua orang pengembara yang berteman baik. Pada hari libur mereka pergi ke sebuah hutan. Mereka sedang asyik menikmati pemandangan. Tiba-tiba seekor beruang besar keluar dari semak-semak. Mereka berdua ketakutan.

Salah satu pengembara yang tahu cara memanjat pohon langsung buru-buru memanjat ke sebuah pohon. Dia lupa memikirkan temannya yang tidak tahu cara memanjat.

Temannya yang tidak bisa memanjat berpikir sejenak. Dia pernah mendengar bahwa binatang tidak tertarik dengan hewan atau orang yang sudah mati. Lalu, dia pun berbaring ke tanah dan berpura-pura mati.

Beruang itu lalu mengendus-endus pengembara yang berpura-pura mati itu. Beruang itu mengira bahwa dia sudah mati. Beruang tersebut pun lalu memutuskan pergi.

Pengembara yang di atas pohon kemudian turun dari atas pohon. Kemudian, dia bertanya kepada temannya, “Kelihatannya beruang itu membisik-bisikkan sesuatu ke telingamu. Apa yang dia katakan?”

Temannya yang berbaring itu menjawab, “Iya benar. Beruang itu berkata untuk menjauh dari teman yang tidak peduli dengan temannya yang sedang dalam bahaya.”

Moral cerita ini: Masalah dapat menguji arti persahabatan

No comments:

Post a Comment