Wednesday, January 29, 2014

Usaha Pencegahan Banjir

Di bulan Januari ini, hujan turun deras sekali hingga menimbulkan banjir di mana-mana. Wah, sekolah Adik-adik pasti ada yang diliburkan akibat banjir. Jangan senang dulu. Memang Adik-adik tidak perlu belajar. Tetapi, akibat banjir juga, Adik-adik jadi tak bisa ke mana-mana. Tak bisa ke mall, tak bisa ke taman, tak bisa ke rumah saudara. Hanya bisa terus-terusan di rumah. Apakah senang? Tidak kan ya...

Apa penyebab datangnya banjir? Apakah karena hujan saja? Hmm... sepertinya tidak Adik-adik. Banjir memang bisa muncul karena hujan yang turun dengan sangat deras. Tetapi, banjir juga bisa terjadi akibat perbuatan manusia itu sendiri, seperti sampah yang menumpuk di selokan atau sungai atau penebangan hutan.

Hujan tak bisa kita cegah. Tetapi, sampah yang menumpuk di sungai dapat kita atasi. Kota Jakarta adalah milik warga kota Jakarta. Sudah seharusnya setiap warga menjaga kebersihan kota ini. Berikut ini ada sejumlah usaha sederhana agar terhindar dari banjir:

1. Membersihkan selokan atau got dari sampah atau kotoran lainnya
Selokan yang tidak bersih akan menghambat aliran air menuju ke sungai. Air dari selokan bisa meluap dan masuk ke rumah.

Selokan penuh sampah dapat membuat aliran air tidak lancar. Sumber gambar: nailafithria.blogspot.com




Kerja bakti membersihkan selokan. Sumber gambar: www.radar-karawang.com
2. Buanglah sampah pada tempatnya (tidak ke selokan/got, ke sungai, atau ke jalan raya)
Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya adalah kebiasaan yang harus dibiasakan sejak kecil. Sampah yang dibuang ke selokan, sungai, atau di sembarang tempat adalah akar permasalahan utama banjir sering terjadi. Mari biasakan membuang sampah di tempat semestinya, dimulai dari diri kita sendiri, lalu tularkan ke anak-anak kita.
 
Sumber gambar: hedisasrawan.blogspot.com

Sumber gambar: komikmuslimah.blogspot.com
3. Lakukan penghijauan di halaman rumah
Jangan ubah halaman rumah menjadi beton. Tetapi, tanamilah dengan tanaman-tanaman hias atau tanami pohon. Tumbuhan hijau dapat menyerap air yang turun dari hujan.

Sumber gambar: www.rimanews.com

No comments:

Post a Comment