Thursday, October 10, 2013

Cara Meningkatkan Minat Membaca pada Anak


Sudah tidak diragukan lagi bahwa membaca terkait dengan prestasi belajar. Mereka yang senang membaca adalah mereka yang memiliki nilai akademis yang baik. Mengapa demikian? Karena banyak sekali pengetahuan yang tersaji melalui buku-buku. Maka, buku seringkali disebut sebagai jendela dunia. Aktivitas membaca adalah aktivitas untuk membuka jendela tersebut.

Betapa pentingnya membaca, maka dari itu membaca harus menjadi kebiasaan yang perlu ditanamkan sejak kecil. Sayangnya, minat membaca anak dari tahun ke tahun semakin menurun. Berkembangnya teknologi canggih, seperti ponsel, tablet, TV membuat anak-anak lebih senang memperhatikan benda-benda tersebut sehingga minat membaca menjadi rendah.

Sebagai orangtua, janganlah menyerah untuk meningatkan minat baca anak. Berikut ada sejumlah cara yang dapat dicoba untuk meningkatkan minat membaca pada anak-anak:

1. Baca bersama anak
Anak-anak yang masih usia TK belum dapat membaca dengan lancar. Kita dapat menyiasatinya dengan membaca bersama dengan si kecil. Bacakan buku-buku cerita menarik, seperti cerita rakyat atau dongeng. Atau buku-buku yang kaya ilustrasi, seperti cerita bergambar. Selama membaca, tidak ada salahnya meminta anak untuk membaca sendiri beberapa kata yang ada di buku tersebut. Hal ini dapat melatih si kecil untuk membaca.

2. Ajak anak ke toko buku
Bila mendatangi pusat perbelanjaan, seperti mal, jangan hanya membawa anak ke tempat bermain atau tempat makan. Sesekali bawalah anak ke toko buku. Minta anak-anak untuk memilih satu atau dua buku cerita yang menarik yang dapat mereka bawa pulang untuk dibaca.

3. Bantu anak untuk memahami bacaan
Terkadang anak dihadapkan pada bacaan yang mungkin tidak disukainya atau tidak menarik. Sebagai orangtua bantulah anak untuk dapat memahami bacaan tersebut. Caranya dengan menjelaskan ulang bacaan itu dengan bahasa yang lebih menarik dan menyenangkan.

4. Jangan paksa anak
Anak yang belum terlalu terbiasa senang membaca akan kesulitan untuk membaca satu isi buku sampai selesai. Jangan paksa anak. Bersabarlah. Karena minat membaca adalah sesuatu yang berasal dari dalam diri, tidak dapat dipengaruhi dari luar.

No comments:

Post a Comment