Wednesday, October 23, 2013

Membangun Harga Diri Anak


Harga diri atau perasaan diri ini berharga adalah bagian terpenting dari kehidupan seseorang. Memiliki harga diri yang baik adalah rahasia mencapai hidup yang sukses dan bahagia. Percuma orang punya kecerdasan yang bagus bila dia tidak memiliki harga diri yang baik.

Anak bagaikan kertas putih yang bersih. Inilah masa ketika orangtua dapat "menuliskan" hal-hal yang positif ke dalam diri seorang anak. Tahun-tahun awal kehidupan kanak-kanak merupakan dasar pembentukan harga diri yang positif.

Bagaimana cara menanamkan harga diri yang positif ke dalam diri seorang anak? Berikut sebagian tips yang Kidtozz kutip dari Chabad.org:

1. Tunjukkan kasih sayang dan cinta tanpa syarat kepada anak
Berikan cinta tanpa syarat. Apapun kekurangan atau kondisi anak, terima dan cintailah dia apa adanya. Hubungan orangtua-anak harus dilandasi dengan kasih dan cinta. Sejak bayi, anak harus mendapatkan kasih sayang dan cinta dari orangtua sehingga anak akan merasa bahwa dirinya dicintai dan terlindungi setiap saat. Inilah modal awal anak untuk memiliki harga diri yang baik.

2. Memberikan pujian
Berikan pujian kepada anak sesering mungkin. Setiap anak melakukan sesuatu yang bagus dan benar, berilah pujian, namun jangan terlalu berlebihan. Berikan pujian dengan ucapan singkat dan wajar, seperti "Itu bagus", "Mama bangga sama kamu".

3. Kritik perilakunya, bukan orangnya
Anak-anak wajar melakukan kenakalan atau hal yang buruk. Namun, jangan mengkritik orangnya, seperti, "Dasar anak nakal" atau "dasar anak bodoh". Hal itu hanya mengurangi harga diri anak. Kritiklah perilakunya, "Mama tidak suka dengan anak yang tidak mau merapikan mainannya sendiri" atau "Mama tidak suka kamu malas".

4. Bicarakan hal-hal positif tentang anak di depan umum
Seringkali orangtua lebih suka membicarakan anak mengenai hal-hal yang buruk ketika berkumpul, seperti "betapa nakalnya anak saya", "anak saya malas sekali kalau disuruh belajar". Lebih baik bicarakan hal-hal yang baik, agar anak Anda tahu betapa bangganya dia menjadi anak dari orangtua Anda.

5. Jangan bandingkan anak Anda dengan anak orang lain
Setiap anak terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan samakan anak Anda dengan anak-anak yang lain.

6. Jadilah orangtua yang punya harga diri yang positif juga!
Sebagai orangtua, lihatlah diri Anda sebagai seseorang yang positif. Orangtua yang kurang harga dirinya akan mengalami kesulitan membesarkan anak. Orangtua yang harga dirinya baik adalah orangtua yang tahu bahwa dia tidak sempurna tapi dapat menghargai dirinya sendiri, di samping selalu berusaha untuk tumbuh dan berkembang.

No comments:

Post a Comment