Wednesday, October 2, 2013

Selamat Hari Batik

Sumber gambar: belanja-gothik.blogspot.com
Kidtozz ingin mengucapkan selamat Hari Batik Nasional. Mari jaga kelestarian warisan bangsa Indonesia.

Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yaitu kata "amba", yang berarti "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik" Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keahlian dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan yang hanya untuk perempuan. Ketika ditemukannya batik cap, para lelaki mulai dapat ikut serta dalam pembuatan batik.


Batik Cirebon bermotif mahluk laut

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam atau lilin untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik pewarnaan kain dengan memakai malam atau lilin, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan.

UNESCO, organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan dunia, telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009. Maka, sejak saat itu, di setiap tanggal 2 Oktober, bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional.

Artikel dan gambar disadur dari sumber wikipedia

No comments:

Post a Comment