Wednesday, August 14, 2013

Manfaat Anak Ikut Bimbingan Belajar

Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, terkadang siswa tidak selalu bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Karena jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas, membuat guru di sekolah guru tidak bisa fokus mendampingi atau memantau proses belajar siswa satu per satu. Dalam suasana kelas besar, siswa bisa saja malu bertanya. Mungkin takut diledek oleh teman sekelasnya. Teman yang berisik atau mengganggu juga dapat menghambat penyerapan materi belajar.

Bimbingan belajar (bimbel) menjadi alternatif orangtua agar anak-anak mereka dapat mengikuti materi pelajaran tanpa takut tertinggal. Lalu, apa sajakah manfaat memasukkan anak ke dalam bimbel?

1. Mengulang materi
Prinsip belajar adalah mengulang. Bimbel pada umumnya mengulang materi ajar di sekolah. Hal ini membantu siswa mengingat-ingat yang telah dipelajari di sekolah

2. Membantu memeriksa pekerjaan rumah (PR)
Seringkali ada kekhawatiran orangtua bahwa PR anak tidak dikerjakan dengan baik. Guru-guru di bimbel dapat mengatasi kekhawatiran ini dengan membantu memeriksa hasil PR anak. Guru-guru di bimbel juga dapat membantu siswa yang menemui soal yang sulit di PR-nya.

3. Persiapan belajar saat menghadapi ulangan
Guru-guru di bimbel dapat membantu siswa dalam persiapan menghadapi ulangan. Bimbel yang baik memiliki bank soal yang dapat digunakan untuk mengecek kesiapan siswa.

4. Suasana nyaman
Siswa dapat bertanya tanpa perlu takut atau malu. Suasana kelas bimbel yang tidak sekaku dan jarak guru-siswa yang tidak terlalu jauh membuat siswa dapat nyaman mengutarakan persoalannya. Guru juga dapat menindaklanjuti secara langsung siswa yang lemah dalam materi-materi tertentu.

5. Menambah wawasan
Ada juga bimbel yang memberikan materi tambahan. Bimbel juga dapat memberikan tambahan wawasan kepada siswa.

6. Menambah relasi
Kelas di bimbel tidak selalu dari teman-teman sekolah. Maka, anak yang masuk ke bimbel dapat memiliki teman-teman baru. Tentu ini memperluas pergaulan anak.

Di Jakarta, ada beragam bimbel yang tersedia. Bimbel yang baik adalah bimbel yang bisa memberikan manfaat bagi siswa dan orangtua. Untuk itulah, Kidtozz memiliki semboyan Kids Tutoring Partner. Kidtozz ingin sekali dapat menjadi mitra (partner) orangtua dalam mendidik anak.

Anak Bapak/Ibu mengalami kesulitan dalam belajar di sekolah. Jangan biarkan putra-putri Bapak/Ibu gagal dalam belajar. Kami, Kidtozz, dengan sangat terbuka menerima kehadiran putra-putri Bapak/Ibu untuk memberikan pendampingan belajar yang maksimal demi kebaikan putra-putri Bapak/Ibu.

Bergabunglah bersama kami. Kami memiliki sejumlah program belajar yang menarik demi pertumbuhan dan perkembangan belajar putra-putri Bapak/Ibu.

1 comment:

  1. Betul dengan bimbel anak akan semakin nyaman jika ada pertanyaan seputar mata pelajaran, dari pada bertanya langsung kepada gurunya.

    ReplyDelete